Berapa Besar Sisa Gaji Anda | vanyacuy

Berapa Besar Sisa Gaji Anda | vanyacuy

Love, Laugh, Happines, Travelling, Shooping, Eating

Bidvertiser

Thursday, October 25, 2012

Berapa Besar Sisa Gaji Anda

Berapa Besar Sisa Gaji Anda
"Berapa besar sisanya?" Pertanyaan tersebut seharusnya menjadi lebih penting daripada pertanyaan “Berapa besar gajinya?”

Namun jarang sekali orang akan menanyakan hal di atas. Hampir semua orang lebih tertarik dengan pertanyaan “berapa besar gajinya?”

Sekarang saya akan memberikan beberapa contoh gaji dan sisanya,
1. Gaji Rp. 5.000.000 perbulan, sisa Rp. 2.000.000 perbulan
2. Gaji Rp. 10.000.000 perbulan, sisa Rp. 3.000.000 perbulan
3. Gaji Rp. 30.000.000 perbulan, sisa Rp. 5.000.000 perbulan
4. Gaji Rp. 60.000.000 perbulan, sisa Rp. 15.000.000 perbulan


Mana yang lebih keren dan hebat dari keempat contoh di atas?

Secara cepat saja, pasti akan banyak yang memilih no. 4.
Namun coba kita telaah lagi, sebenarnya yang lebih keren adalah yang no. 1 lho!

Mengapa? Karena persentase sisa gaji bulanannya adalah yang terbesar dibandingkan yang lain.
Jadi dia yang paling hebat secara persentase, karena bisa menyisihkan jumlah lebih besar dibandingkan semua yang bergaji lebih besar darinya. Berikut perhitungannya:

1. Persentase sisa gajinya = Rp. 2.000.000/Rp. 5.000.000  = 40%
2. Persentase sisa gajinya = Rp.3.000.000/Rp.10.000.000  = 30%
3. Persentase sisa gajinya = Rp.5.000.000/Rp.30.000.000  = 17%
4. Persentase sisa gajinya = Rp.15.000.000/Rp.60.000.000 = 25%

Angka tidak akan pernah berbohong!
Yang sering kita lakukan adalah bohong pada diri sendiri. Merasa gaji besar, kemudian angka nominal yang disisihkan sudah cukup besar, tapi kita lupa menghitung persentasenya.

Kondisi ideal sebaiknya kita bisa menyisihkan minimal 10% saja dari gaji bulanan. Bertahap akan lebih baik ditingkatkan menjadi 30%. Memang tidak mudah untuk dapat menyisihkan sebesar ini setiap bulan karena pada dasarnya tidak ada orang yang terlahir dengan hobi menabung.

Selama masa karir saya di dunia perencanaan keuangan selama lima tahun, saya baru bertemu dengan satu orang saja yang mengatakan hobinya adalah menabung. Sementara sisa ratusan lainnya berkata hobinya adalah membelanjakan uang.

Bayangkan, hanya satu orang berbanding ratusan orang!

Nah, memang untuk dapat menyisihkan uang setiap bulan akan menjadi tantangan tersendiri untuk banyak orang karena godaan untuk menghabiskan uang sangatlah besar. Terlebih lagi untuk orang yang bekerja di kota metropolitan seperti Jakarta. Semua diukur dari penampilan luar: pakaian, tas merk apa, sepatu apa, dandanan, potongan rambut berasal dari salon terkenal atau tidak, biasa nongkrong di mana, tempat olahraganya dimana, mobil yang dikendarainya apa, dan lainnya.

Penampilan luar ini ujung-ujungnya akan mengeluarkan uang. Dan banyak orang habis-habisan mengeluarkan uang banyak, tanpa perhitungan yang jelas, hanya untuk menunjukkan pada orang lain betapa kerennya dia. Karena memang yang mudah terlihat oleh orang lain hanya penampilan luar.

Sementara sisa gaji bulanan atau saldo tabungan atau saldo investasinya, tidak pernah bisa terbaca atau diketahui oleh orang lain. Kecuali kita membawa buku tabungan dan memperlihatkan saldo setiap bertemu dengan teman kita atau orang lain yang tidak mungkin dilakukan.

Yuk, mari berhitung persentase sisa gaji bulanan masing-masing. Dan hitung pula seberapa banyak saldo tabungan atau investasi anda yang telah berhasil disisihkan agar menjadi cermin untuk melihat apa yang sudah diperoleh selama ini setelah bekerja sekian tahun. Mudah-mudahan hasilnya cukup menggembirakan ya.

Jadi, berapa besar sisanya?


Fitriavi Noeriman
QM FINANCIAL
Independent Financial Planner
www.qmfinancial.com

No comments:

Post a Comment